TELAH MELAKUKAN KONSERVASI ENERGI, DINAS LINGKUNGAN HIDUP BERI APRESIASI TERHADAP PERANGKAT DAERAH DAN PUSKESMAS DI KOTA SURABAYA

TELAH MELAKUKAN KONSERVASI ENERGI, DINAS LINGKUNGAN HIDUP BERI APRESIASI TERHADAP PERANGKAT DAERAH DAN PUSKESMAS DI KOTA SURABAYA


Pemerintah Kota Surabaya saat ini sedang menggalakan penghematan energy (konservasi energy) di Kota Surabaya. Melalui Dinas Lingkungan Hidup, Kegiatan Pemerintah Kota Surabaya untuk mengupayakan adanya konservasi energy dengan diadakannya Pembinaan Pengusahaan Konservasi Energi yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat, kegiatan/usaha dan internal Pemerintah Kota Surabaya agar melaksanakan penghematan energy di lingkungan masing-masing dengan harapan adanya penurunan penggunaan energy sebesar 5% di Kota Surabaya.

Dinas Lingkungan Hidup telah memberikan pembinaan konservasi energy kepada Perangkat Daerah Pemerintah Kota Surabaya dan Puskesmas Induk di Kota Surabaya. Hari Kamis, 24 September 2020 kami telah memberikan apresiasi/penghargaan Klinik Hemat Energi terhadap Perangkat Daerah dan Puskesmas di Kota Surabaya yang telah menerapkan kegiatan Konservasi energy pada masing-masing gedung dan didapatkan 3 Terbaik yaitu Puskesmas Balongsari (Terbaik I), Dinas Perhubungan (Terbaik II) dan Puskesmas Tambakrejo (Terbaik III).

Pemberian apresiasi ini dilakukan dengan tahapan pemberian surat pemberitahuan agar Perangkat Daerah dan Puskesmas melakukan pelaporan kegiatan Klinik Hemat Energi. Setelah data diterma, pihak Dinas Lingkungan Hidup melakukan pengolahan data dan paparan terhadap kegiatan konservasi energy yang telah dilakukan masing-masing Perangkat Daerah dan Puskesmas dengan jumlah sebanyak 100 obyek. Setelah dilakukan pemaparan, pihak Dinas Lingkungan Hidup dan tim juri menyaring hingga 10 besar dan masing-masing obyek yang masuk diberi kesempatan untuk paparan kegiatan konservasi energy yang telah dilakukan secara daring (online) dikarenakan masa Pandemi COVID-19, setelah itu baru diputuskan 3 terbaik diantara 10 besar tersebut. Tim juri yang menilai adalah Wahyu Satria Bhakti dari LSM W-Queen dan TH Bram Azzalio dari LSM Tunas Hijau.

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan apresiasi terhadap Perangkat Daerah dan Puskesmas di Kota Surabaya yang telah menerapkan pembinaan yang diberikan terkait konservasi energi di gedung masing-masing sesuai dengan Instruksi Walikota No. 1 Tahun 2019 tentang Penghematan Energi Listrik dan Air di Lingkungan Pemerintah Kota Surabaya. Semoga dengan dengan diadakannya kegiatan ini dapat memacu Perangkat Daerah dan Puskesmas untuk lebih mengembangkan penerapan upaya konservasi energi di lingkungan masing-masing.