PENGANUGRAHAN SEKOLAH ADIWIYATA KOTA SURABAYA TAHUN 2020

PENGANUGRAHAN SEKOLAH ADIWIYATA KOTA SURABAYA TAHUN 2020

Pemerintah Kota Surabaya dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup tiap awal tahun selalu menyelenggarakan penjaringan calon Sekolah Adiwiyata Kota melalui proses verifikasi dokumen dan lapangan, bersama dengan Tim penilaian Adiwiyata Kota Surabaya namun karena adanya pandemi dan penyesuaian terhadap aturan terbaru P.52/MENLHK/Setjen/Kum.1/9/2019 tentang Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS) Sehingga verifikasi  mundur selama 8 bulan dan dilakukan secara online pada bulan september, dengan jumlah sekolah yang mendaftar sebanyak 15 sekolah.

            Pelaksanaan Verifikasi ini melibatkan Tim Penilai Adiwiyata Kota Surabaya sebagaimana yang ditetapkan dalam SK Walikota Surabaya Nomor 188.45/107/436.1.2/2019, antara lain Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan,Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau, Kementrian Agama Republik Indonesia, LSM Ecoton, Universitas Surabaya, Media Online Bicaraindonesia.id serta perwakilan dari Sekolah Adiwiyata Mandiri (SDN Sememi I, SMPN 11, SD YAMASSA).

Verifikasi administrasi dan teknis Adiwiyata dilakukan terhadap 3 Komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan dan pemantauan terhadap gerakan PBLHS yang mencakup 6 aspek, yaitu aspek drainase, sanitasi dan kebersihan lingkungan, pengelolaan sampah, penanaman/pemeliharaan pohon/tanaman, konservasi air, konservasi energi dan inovasi perilaku ramah lingkungan hidup lainnya. Selain itu prinsip dasar Adiwiyata adalah edukatif, partisipatif dan berkelanjutan sehingga kunci pokok menuju Adiwiyata adalah proses membentuk karakter/budaya semua warga sekolah untuk cinta dan peduli terhadap lingkungan secara berkelanjutan.

Dari 15 sekolah yang mendaftar, yang terjaring sebagai sekolah Adiwiyata Kota Surabaya Tahun 2020 adalah sebanyak 14 Sekolah sebagai berikut :

Tingkat SD

  1. SDN Banyu urip III
  2. SDN Jemur Wonosari I
  3. SDN Kapasan V
  4. SDN Kutisari II
  5. SDN Menur Pumpungan IV
  6. SDN Nginden Jangkungan I
  7. SDN Pacar Keling I
  8. SDN Simokalawang KIP
  9. SD Bisma Dua
  10. SD Iskandar Said

 

  Tingkat SMP

  1. SMPN 33 Surabaya
  2. SMPN 53 Surabaya
  3. SMPN 60 Surabaya
  4. SMPN 61 Surabaya

            Penganugrahan Sekolah Adiwiyata Kota Surabaya Tahun 2020 diselenggarakan pada tanggal 28 September 2020 di Ruang Graha Sawunggaling Lt. 6 gedung Pemerintah kota Surabaya dan dipimpin langsung oleh Bapak Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya, Bapak Drs Eko Agus Supiadi Sapoetro, MM. selain mendapat uang pembinaan dan trophy sebagai apresiasi terbaik terhadap 3 (tiga) terbaik untuk tingkat SD dan SMP, peserta terbaik juga mendapat bantuan lubang resapan biopori sebanyak 10 buah, dan berikut 3 terbaik Sekolah Adiwiyata Tingkat Kota Tahun 2020 untuk tingkat SD dan SMP

Tingkat SD

  1.  SDN Pacar Keling 1
  2.  SDN Nginden Jangkungan 1
  3.  SDN Banyu Urip 3

 

Tingkat SMP

  1.  SMPN 61
  2.  SMPN 33
  3.  SMPN 60