Eco Office

1. Pendahuluan
Bencana alam yang akhir-akhir ini melanda hampir seluruh wilayah bangsa ini bukanlah semata-mata disebabkan oleh faktor alam tetapi peran manusia sangat besar dalam terjadinya berbagai macam bencana tersebut. Eksploitasi secara besar-besaran sumber daya alam yang ada menyebabkan keseimbangan ekosistem terganggu, kemajuan industri dan transportasi yang tidak dibarengi dengan tindakan mencegah produksi limbah dari aktifitas tersebut juga merupakan penyumbang terbesar dalam kerusakan tersebut.
Diperlukan tindakan yang arif dalam mengelolah SDA sehingga ekosistem dapat terselamatkan sejalan dengan aktifitas pembangunan.
Berpartisipasi dalam penyelamatan lingkungan tidak perlu dengan kegiatan yang memerlukan tenaga, waktu dan biaya yang besar tetapi cukup dengan kegiatan yang kita anggap sepele tetapi perannya dalam penyelamatan lingkungan sangat berarti seperti dengan menerapkan prinsip eco office dalam kegiatan sehari-hari.
Kantor peduli lingkungan atau eco office, merupakan refleksi kebijakan kantor yang menerapkan sistem manajemen lingkungan (SML) dalam upaya menciptakan lingkungan kerja kantor bersih dan nyaman yang melibatkan seluruh aktivitas individu yang berada di dalam kantor.

2. Tujuan
Tujuan eco office adalah
a. Menciptakan lingkungan yang bersih, indah dan nyaman serta menyehatkan (BERIMAS) dengan jalan pengendalian penggunaan sumber daya dan pencemaran
b. Meningkatkan ektifitas efisiensi dengan jalan menghindari pemborosan biaya dan pemakaian air, bahan bakar dan listrik
c. Mewujudkan terlaksananya pemerintahan yang selalu memperhatikan masalah lingkungan dalam segala hal kegiatan (good environmental governance)
3. Visi dan misi
Visi dari eco office adalah menjadikan pengelolaan lingkungan yang berada dalam kantor, termasuk pengunjung untuk menjaga aktifitas agar selalu memperhatikan kesehatan individu, lingkungan sekitarnya, agar terciptanya lingkungan bersih, indah nyaman dan menyehatkan.
Sedangkan misi eco office adalah
a. Menciptakan lingkungan kantor dan sekitar bersih,indah, nyaman dan
menyehatkan.
b. Merangsang individu dan tamu betah di dalam kantor dan lingkungan kantor.
c. Memberikan teladan bagi masyarakat tentang kepedulian dan tanggung jawab dalam menciptakan lingkungan yang BERIMAS.
d. Merangsang tumbuhnya kantor-kantor peduli lingkungan di lokasi kegiatan yang berpotensi menimbulkan pencemaran.
4. Manfaat
Manfaat dari eco office adalah Tamu dan individu kantor merasa betah di dalam kantor serta memberikan citra kepada masyarakat bahwa pengelolaan kantor dan individu yang berada di dalamnya memiliki kepedulian terhadap KLH.

5.Sasaran
a.Terciptanya lingkungan BERIMANS
b.Terciptanya perlikau individu kantor yang peduli terhadap lingkungan non fisik

6.Strategi penerapan

a.Perencanaan; diawali dengan penjajakan kepada pengurus kantor dan karyawan dengan mengeluarkan konsep awal yang diambil dari beberapa referensi.

b.Sosialisasi;
1. Pertemuan atau rapat yang menjelaskan program eco office
2. Mengikut sertakan karyawan pada kursus-kursus atau diklat yang berkaitan dengan sistem atau manajemen atau diklat yang berkaitan dengan sistem manajemen lingkungan
3. Mengikursertakan staf/karyawan pada seminar dengan topik yang berkaitan dengan lingkungan
4. Kampanye hemat energi
5. Hemat pemakaian air
6. Cek emisi kendaraan bermotor secara berkala dan gratis
7. Penggunaan AC ruangan dan mobil non CFC
8. Pemakaian sabun ramah lingkungan
9. Kawasan kantor bebas rokok dan sampah
10. Pengelolaan limbah cair
11. Office with zero waste

c.Kelembagaan; untuk mendukung pelaksanaan eco office perlu pembuatan kebijakan tentang eko office yang memayungi semua kegiatan yang berkaitan dengan eco office.

d.Pelaksanaan Eco-Office
1.Kampanye kegiatan kantor yang peduli tentang lingkungan eco office
2.Pengadaan dan penggunaan barang serta peralatan
3.Pengadaan dan penggunaan listrik
4.Pengadaan dan penggunaan air bersih
5.Penanganan sampah
6.Pemeliharaan gedung dan fasilitas kantor
7.Penataan pekarangan terbuka hijau.