SOSIALISASI TENTANG PENGHEMATAN PEMAKAIAN ENERGI LISTRIK DAN AIR

Dalam rangka mendukung penerapan konservasi energi di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya dan pencapaian visi Kota Surabaya, Surabaya Kota Sentosa yang Berkarakter dan Berdaya Saing Global Berbasis Ekologi, maka Walikota Surabaya melalui Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya telah menerbitkan Instruksi Walikota Surabaya Nomor 1 Tahun 2019 tentang Penghematan Pemakaian Energi Listrik dan Air di Lingkungan Pemerintah Kota Surabaya.

Instruksi Walikota ini juga merupakan wujud pelaksanaan amanah dari Instruksi Presiden Nomor 13 Tahun 2011 tentang Penghematan Energi dan Air, bahwa para gubernur, bupati dan walikota untuk melaksanakan program dan kegiatan penghematan energi dan air sesuai kebijakan yang telah ditetapkan, serta melakukan sosialisasi dan mendorong masyarakat termasuk swasta yang berada di wilayah masing-maisng untuk melakukan penghematan energi dan air.

Didalam Instruksi Walikota ini, diinstruksikan kepada Kepala PD dan Kepala UPT di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya untuk :

  1. Melakukan langkah-langkah dan inovasi penghematan energi listrik dan air di lingkungan masing-masing;
  2. Penghematan energi listrik dan air masing-masing sebesar 5% (lima persen) dan rata-rata penggunaan listrik dan air di lingkungan masing-masing dalam kurun waktu 1 (satu) tahun sejak akhir tahun anggaran sebelumnya;
  3. Membentuk gugus tugas di lingkungan masing-masing untuk mengawasi pelaksanaan penghematan energi dan air;
  4. Melakukan koordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup terkait pelaksanaan penghematan energi dan air;
  5. Melaporkan hasil pelaksanaan Instruksi Walikota ini kepada Walikota Surabaya melalui Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya.

Instruksi walikota 1-2019

Surat Edaran dan pelaporan