Pelaksanaan Penyuluhan Lingkungan Hidup Tahun 2019

Penyuluhan Lingkungan Hidup dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup untuk mencapai kelestarian fungsi lingkungan hidup yang lebih optimal, bahwa masyarakat memiliki hak dan kesempatan yang sama dan seluas-luasnya berperan aktif dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Kegiatan Penyuluhan Lingkungan Hidup merupakan suatu kegiatan yang meningkatkan peran serta aparat, masyarakat di bidang lingkungan.

Kegiatan Penyuluhan pertama dilakukan  pada  hari Senin tanggal 18 Maret 2019 di Graha Sawunggaling yaitu Penyuluhan Lingkungan Hidup tentang Pengaduan Pencemaran Lingkungan Hidup dengan peserta dari Kelurahan se Kota Surabaya dengan materi – materi : Penanganan Pengaduan terkait Pencemaran Lingkungan oleh Dr.Lilik Pudjiastuti, SH, MH (Fakultas Hukum Unair), Proses Pengawasan dan Penanganan Pengaduan oleh Harijadi Hendra Wibawa, ST (Pejabat Fungsional Pengawas Dinas Lingkungan Hidup), Pengumuman Izin Lingkungan oleh drh. Teguh Sumardijono (Pejabat Fungsional Pengendalian Dampak Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup).

Kegiatan Penyuluhan kedua dilakukan pada hari kamis tanggal 15 Agustus 2019 di  Aula We Queen Kelurahan Jambangan yaitu Penyuluhan Lingkungan Hidup tentang   Plastik dengan peserta dari Kader Lingkungan se Kota Surabaya  dengan materi-materi :  Bahaya Sampah Plastik oleh Harmin Sulistiyaning Titah, ST, MT,PhD (ITS) , Upaya – upaya Mengendalikan Sampah Plastik dan praktek ;Eco Brick,  Bunga dari botol susu, Anyaman dari botol air mineral oleh Risnani Pudji Rahayu (LSM We Queen).

Sebagai feedback, Dinas Lingkungan Hidup memberlakukan pretest dan post test bagi peserta penyuluhan, untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta serta mengevaluasi efektifitas pelaksanaan penyuluhan. Dari hasil tersebut, diketahui bahwa peserta memperoleh tambahan pengetahuan melalui Penyuluhan Lingkungan Hidup yang diadakan oleh Dinas Lingkungan Hidup.

Dokumentasi Penyuluhan Lingkungan Hidup Di Jambangan

Materi Oleh Narasumber ibu Harmin Sulistiyaning Titah SH, MT, PhD

Suasana Peserta Saat Menerima Materi

Praktek Pembuatan Eco Brick

Praktek Pembuatan Tas Anyaman dari Botol Bekas Air Mineral

Praktek Pembuatan Bunga Dari Botol Bekal Susu

Pembubaran Acara dan Foto Bersama

Dokumentasi Penyuluhan Lingkungan Hidup di Graha Sawunggaling

Absensi Peserta Penyuluhan

Pembukaan Acara Oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup

Penyampaian Materi Oleh Narasumber Dr. Lilik Pudjiastuti S. H., M. H.

Penyampaian Materi Oleh Narasumber Drh. Teguh Sumardijono

Penyampaian Materi Oleh Narasumber Harijadi Hendra Wibawa, S.T

Sesi Tanya Jawab Peserta