Kota Surabaya memiliki kedudukan yang sangat strategis dan menjadi pusat Indonesia.  Dinamika dan aktivitas kota yang sangat tinggi memacu terjadinya perkembangan kota yang sangat cepat. Pembangunan kota yang tidak terintegrasi dengan kawasan di sekitarnya akan menimbulkan permasalahan-permasalahan yang kompleks seperti masalah kesehatan lingkungan,  pencemaran, penyediaan air bersih dan sebagainya.  Perlindungan terhadap lingkungan hidup menjadi tanggung jawab bersama dan tidak terlepas dari aspek pembangunan ekonomi dan sosial.

Pelaksanaan program pembangunan berwawasan lingkungan menghadapi berbagai tantangan khususnya menyangkut sumber daya danpeningkatan kapasitas, termasuk upaya sosialisasi yang lebih luas serta pemberdayaan masyarakat. Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Kota Surabaya mengarah pada perbaikan kualitas lingkungan hidup kota, yang dijabarkan dalam kebijakan dan strategi pengendalian dan pengelolaan lingkungan hidup kota berdasarkan permasalahan lingkungan yang dihadapi. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya merupakan lembaga dengan tugas pokok dan fungsi melaksanakan : pengendalian dan pengawasan lingkungan, penanggulangan dampak lingkungan dan pemulihan dampak lingkungan. Tugas pokok DLH tersebut merupakan pilar dalam mewujudkan pembangunan kota yang berwawasan lingkungan. Untuk itu perlu dilakukan sosialisasi dan pengenalan ke masyarakat sehingga pengetahuan dan peran serta masyarakat dalam mendukung pembangunan kota yang berkelanjutan dapat terwujud.

WebSite disusun berdasarkan kompetensi bidang lingkungan hidup yang mengacu pada peraturan perundang undangan yang berlaku dengan program kegiatan dan target capaian diharapkan dapat bersinergi dengan program pembangunan kota secara menyeluruh untuk periode tahun 2016 – 2021.



Kepala Dinas Lingkungan Hidup


Drs Eko Agus Supiadi Sapoetro, MM