Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya

Adiwiyata

SDN Tanah kalikedinding I


                                                                                                           

Sekolah bewawasan lingkungan adalah idaman setiap guru atau kepala sekolah yang mempunyai visi dan misi untuk melestarikan lingkungan, baik dalam proses pembelajaran maupun dalam kehidupan sehari-hari sehingga nantinya para warga sekolah mempunyai pola hidup yang peduli terhadap lingkungan. Hal inilah yang mau dikembangkan oleh SDN Tanah Kalikedinding I-251. Ilmu yang telah didapatkan oleh peserta didik akan di terapkan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya saja ketika peserda didik di ajak untuk mengadakan bazar sekolah, disini para siswa diajak untuk melakukan kegiatan bazar yang berwawasan lingkungan, semua makanan yang dijual harus bebas dari zat pewarna kimia, zat perasa kimi, zat penawet kimia yang berbahaya bagi kesehatan. Dalam kegiatan tersebut juga diterapkan makanan sedapat mungkin memanfaatkan potensi yang ada di sekolah, misalnya saja Samosa Lile, Martabak Lele, Es Teh daun Pandan dan hasil kebun yang ada disekolah dapat di upayakan sebagi peluang untuk berwirausaha di sekolah sebagi pembelajaran. Inilah konsep awal sekolah Adiwita di SDN Tanah kalikedinding I-251 yang mau menjalan Visi. Misi dan Tujuan sekolah yang telah disepakai bersama dalam penyusunan dokument 1 KTSP




SDN BANJARSUGIHAN 2 SURABAYA MEMPERINGATI HPSN DENGAN GOTONG ROYONG MEMBERSIHKAN SEKOLAH

                

Bertepatan dengan hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), SDN Banjarsugihan 2 mengadakan kerja bakti dengan membersihkan sekolah, kegiatan ini dilaksanakan seluruh warga sekolah, baik dari siswa-siswi, guru, penjaga kantin sampai tukang kebun. Geliat Sekolah ini terlihat dari seringnya mengadakan kerja bakti membersihkan sekolah. Mulai dari mendaur ulang sampah menjadi pupuk kompos sampai mengubah sampah plastic menjadi barang yang berguna.
Berbekal sekolah adiwiyata tingkat kota Surabaya, sekolah ini tidak perlu diragukan dalam hal lingkungan, tidak pernah absen mengikuti penyuluhan dan sosialisasi lingkungan yang diadakan Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya, sehingga ilmu yang didapat langsung diterapkan dan disebarkan kewarga sekolah. Kegiatan yang rutin diaadakan setiap tahun ini bertujuan agar warga sekolah senantiasa peduli dan berbudaya lingkungan sesuai dengan visi dan misi adiwiyata.
Sesuai dengan tujuan HPSN, maka tidak dipungkiri sdn banjarsugihan2 ikut memeriahkan dengan mengadakan kerja bakti membersihkan sekolah, logis kalau sekolah ini semangat dan antusias memeriahkan HPSN. Dengan siswa berjumlah sekitar 500, maka kegiatan ini dapat selesai dengan cepat dan bersih. Dan tentunya ini mendukung program belajar mengajar sehingga siswa krasan dengan lingkungan di sekitarnya.




KEGIATAN SD AL-IRSYAD DALAM UPAYA MEMELIHARA LINGKUNGAN




SD Al-Irsyad telah melakukan beberapa aksi lingkungan yang bersifat rutin, antara lain mengoperasikan komposter. Dari kegiatan tersebut diharapkan dapat menghasilkan pupuk kompos, dimana praktis tidak perlu membeli pupuk diluar sekolah, dengan banyaknya tong komposter, maka banyak pula pupuk yang dapat dihasilkan, sehingga dapat memenuhi pemberian pupuk untuk tanaman di wilayah sekolah.

Tingginya tumpukan sampah di berbagai tempat di sekolah dapat disebabkan belum adanya pengelolaan dan pemisahan sampah dari warga sekolah. Tidak banyak yang menggunakan tempat sampah berbeda fungsi untuk memisahkan berbagai jenis sampah. Misalnya, menggunakan tong sampah biru untuk sampah basah (organik) dan tong sampah oranye untuk Sampahkering(non-organik).